TRENGGALEK – Sebuah keberuntungan bagi Trenggalek mendapatkan kesempatan menjadi tempat berlangsungnya safari gerakan nasiaonal gemar membaca di Provinsi dan Kabupaten Kota tahun 2017. Momen ini harus benar-benar dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk menggugah minat masyarakat Trenggalek untuk mulai gemar membaca.

Acara yang di selenggarakan Perpustakaan Nasional RI dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Trenggalek kemarin berlangsung di Pendopo Manggala Praja Nugraha tampak meriah, karena selain talk show oleh narasumber, safari kemarin juga di warnai dengan beberapa pertunjukan yaitu story telling atau kemampun bercerita dari pelajar dan wayang kulit dengan lakon tentang perpustakaan serta dari SMKN 1 Pogalan sebagai juara ke 3 lomba perpustakaan sekolah tingkat provinsi . Hadir dalam kesempatan kemarin pustakawan utama Perpustakaan Nasional RI Dra.Fathmi,S.sastra, Anggota Komisi X DPR RI Dapil 7 Provinsi Jawa Timur drg. Yayuk Sri Rahayuningsih, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur di wakili kasi pelayanan perpustakaan NURIS AGUS , SH, M.kn, Kepala Dinas Perpustakaan se-Bakorwil Madiun dan Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten dan Kota Kediri serta Perpustakaan Bung Karno Blitar, juga para undangan antara lain kepala sekolah,perwakilan pelajar dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutan bupati Ternggalek Dr. Emil Elistianto,M.sc menegaskan pentingnya ilmu yang bisa di dapatkan dari buku, untuk akselerasi atau percepatan kemajuan suatu daerah. Di Trenggalek , meskipun kota kecil di butuhkan tekanan untuk mewujudkan Trenggalek menjadi sejahtera, yang salah satunya lewat kecerdasan masarakatnya , upaya pencerdasan ini salah satunya lewat ilmu pengetahuan dari berbagai buku , karena itulah perlunya di laksakan safari gerakan membaca.

‘’ gemar membaca jangan hanya lips service, hanya ceremonial. Namun benar-benar upaya mendukung masyarakat agar tumbuh membaca sehingga memiliki knowledge demi meningkatkan produktifitas,’’ kata Bupati Emil.

Sementara pustakawan dari perputakaan nasional RI Dra.Fathmi,S.sastra menyampaikan fakta masih rendahnya angka gemar membaca di indonesia, masyarakat belum intens dan membaca sebagai kebutuhan hidup. Karena itu untuk mencapai masyarakat yang memiliki kegemaran membaca harus di susun kegiatan terprogram , terarah dan sebagai upaya promosi melalui safari gerakan gemar membaca. ‘’ mari melangkah bersama satu arah dan tujuan menumbuhkembangkan cita-cita bangsa menuju masarakat yang cerdas,maju kebudayaan ,gemar membaca dan kemandirian ekonomi,’’ kata Fathmi.

Di akhir acara di adakan talk show dengan narasumber Dra.Fathmi,S sastra menyampaikan kebijakan nasional tentang pengembangan perpustakaan dan gemar membaca serta program-program yang dilaksanakan. Berikutnya drg.Yayuk Sri Rahayuningsih menyampaikan peranan legeslatif dalam mendukung regulasi penganggaran di bidang perpustakaan. Sementara Nuris Agus, SH , MKn dan Kepala Perpustakaan Kabupaten Trenggalek Drs.Ahmadi,MM menyampaikan materi implementasi tentang program pengembangan perpustakaan dan gemar membaca serta local kontent. Serta penulis Trenggaklek Nurani Soyomukti memberikan testimoni yang dalam memberikan motivasi /inspirasi bahwa dengan membaca dapat menambah imajinasi dan wawasan untuk menambah pengetahuan serta sebagai acuan untuk masyarakat dalam meningkatkan budaya baca.