Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Trenggalek yang merupakan sebuah dinas yang menaungi  pembinaan berbagai segi yang berkaitan dengan literasi yang ada di Kabupaten Trenggalek, melakukan pembinaan rutin terhadap potensi-potensi yang ada di Kabupaten Trenggalek salah satunya adalah dengan mengadakan lomba bercerita tingkat SD se Kabupaten Trenggalek yang telah digelar belum lama ini. Kegiatan lomba bercerita

salah satu penampilan peserta lomba

yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut selain untuk mengasah potensi-potensi yang ada juga merupakan ajang  pencarian calon/ kandidat loma bercerita tingkat Provinsi Jawa Timur mewakili Kabupaten Trenggalek.

Lomba bercerita yang dilaksanakan di Hall RM. Mekarsari pada tanggal 05 Oktober 2017 lalu diikuti oleh 14 peserta yang merupakan wakil dari tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Materi lomba bercerita ini  bersumber dari buku cerita rakyat yang telah diterbitkan sehingga dengan adanya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan budaya baca pada anak-anak. Antusiasme para peserta terlihat dari cara mereka mengekspresikan cerita yang mereka tuturkan dihadapan para dewan Juri. Sebagai Tim Juri terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu; Jarot Setiono, S.Pd., Nurani Soyomukti, S.Sos. dan Endah Susilowati, SIP. Adapun kriteria penilaian meliputi; penguasaan materi, cara bercerita/ teknik bercerita, kemampuan/ skill, penampilan peserta. Berdasarkan penilaian Tim Juri, ditetapkan pemenang Lomba Bercerita Bagi Siswa SD Tingkat Kabupaten Trenggalek tahun 2017 sebagai berikut:

  1. Juara 1 :  NADIA AMALIA   (SDN 1 Siki Kec. Dongko)
  2. Juara 2 :  HELLEN LETUNIA   (SDN 1 Gamping Kec. Suruh)
  3. Juara 3 : CLARISSA SUGIANTO   (SDN 2 Ben  doagung Kec. Kampak)
  4. Harapan 1 : CYNTA PUTRI HERLIA   (SDN 2 Surodakan Kec. Trenggalek)
  5. Harapan 2 : SANADA PURBAYA JATI   (SDN 1 Munjungan Kec. Munjungan)
para pemenang lomba bersama dewan juri dan guru pendamping

Penetapan pemenang Lomba Bercerita Siswa SD Tingkat Kabupaten Trenggalek Tahun 2017 dibuat sesuai dengan Pedoman yang telah ditetapkan. Keputusan Tim Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Trenggalek mengucapkan banyak terima kasih kepada para panitia beserta semua pihak atas kerjasama dan dukungannya. Semoga kegiatan ini berkelanjutan di masa mendatang dengan ragam dan nuansa yang lebih inovatif dan kreatif.

pemenang lomba bersama tim dari dinas kearsipan dan perpustakaan