BUKTI NYATA PEMBINAAN PERPUTAKAAN DESA

Bertempat di Taman Bacaan Masyarakat Perpusdes “Lentera Desa”  Buluagung Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, pada hari Senin s/d Selasa tanggal 28 s/d 29 Agustus 2017 telah dilakukan bimbingan teknis aplikasi otomasi dan pengelolaan perpustakaan kepada para pengelola Perpusdes “Lentera Desa” Buluagung. Pembinaan tersebut meliputi pengelolaan perpustakaan, pengolahan bahan pustaka dan penggunaan aplikasi Inlis Lite. Sejauh ini Perpusdes  Lentera Desa” Buluagung  merupakan satu-satunya Perpusdes yang ada di Kabupaten Trenggalek yang menjadi pilot project dalam penerapan aplikasi inlis lite.

Pemerintah Desa Buluagung sudah sejak lama konsen terhadap program literasi, hal ini terbukti dengan dirintisnya perpustakaan Desa yang masih bersifat sederhana dengan pengelolaan secara manual sejak tahun 2015. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern, pada tahun 2017 melalui usulan musrenbangdes, Pemerintah  Desa Buluagung menganggarkan kelengkapan sarana prasarana Perpustakaan Desa pada APBDES tahun 2017. Kelengkapan sarana prasarana tersebut tidak hanya berupa fisik akan tetapi juga termasuk aplikasi pengelolaan perpustakaan yang berbasis otomasi. Dari segi fisik bisa kita lihat bangunan perpustakaan sudah dibuat senyaman mungkin bagi pemustaka dilengkapi dengan ruang multi media dan ruang baca outdoor yang nyaman. Hal ini dilaksankan dengan tujuan untuk meningkatkan budaya baca masyarakat sehingga dapat mengembangkan minat, kemampuan, dan kemudian mendayagunakan bahan bacaan secara tepat dalam sektor kehidupan.

Pembinaan yang dilakukan oleh pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Trenggalek yang diwakili oleh Endah Susilowati, SIP. dan A. Kharis Mas’udi, A.Md. merupakan salah satu bentuk nyata sinergi antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sebagai induk dari perpustakaan-perpustakaan yang ada di Kabupaten Trenggalek dengan Perpustakaan- perpustakaan binaan khusunya Perpusdes Lentera Desa Buluangung. Pembinaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan Desa sehingga diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat di daerah pelosok terhadap perpustakaan sehingga nantinya minat baca di Kabupaten Trenggalek dapat meningkat.

 

Pengelola perpusdes “Lentera Desa” Buluagung merupakan kader-kader pemberdayaan Desa yang mengabdikan diri mereka untuk membantu pembangunan desa melalui layanan perpustakaan . Mereka merupakan relawan yang nantinya bisa diharapkan mampu menjadi pioneer bagi pengelola perpustakaan-perpustakaan desa lainnya di Kabupaten Trenggalek

  • Ramadian T Laksana

    Mantabbb, semoga muncul ide ide literasi ditiap desa di Kabupaten Trenggalek